Jumat, 11 Desember 2015

Permainan Komputer Edukatif untuk Anak Usia Dini

PERMAINAN KOMPUTER EDUKATIF

Dunia anak adalah bermain, karena bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Bermain juga merupakan tuntutan dan kebutuhan bagi anak usia Taman Kanak-kanak (TK). Dengan bermain anak dapat memuaskan tuntutan dan kebutuhan perkembangan anak dalam dimensi motorik kognitif, kreativitas, bahasa, emosi, nilai sosial dan sikap hidup. Bermain dapat membawa harapan dan ambisi tentang dunia yang memberikan dan memungkinkan anak berkhayal seperti sesuatu atau seseorang. Melalui bermain anak akan belajar mengendalikan diri sendiri, memahami kehidupan, memahami dunianya. Jadi bermain merupakan cermin perkembangan anak.
Dalam era globalisasi seperti saat ini, komputer telah menjadi bagian hidup dari masyarakat, tidak hanya orang dewasa, tetapi juga bagi anak-anak. Sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi anak dengan memanfaatkan permainan edukatif yang dapat diinstal di komputer.
Menurut Isenberg dan Jacobe dalam Suratno (2005), alat permainan yang optimal adalah alat permainan yang mampu merangsang dan menarik minat anak, sekaligus mampu mengembangkan berbagai jenis kemampuan anak dan tidak membatasi hanya pada satu aktivitas tertentu saja atau yang disebut sebagai "open-ended plaything".
Bermain adalah perangkat untuk membangun pengetahuan anak. Piaget percaya bahwa bermain memiliki tempat istimewa dalam kehidupan setiap anak manusia. Seorang anak memperoleh pengetahuan bukan hanya melalui informasi dari lingkungan atau dengan meniru kegiatan orang lain, melainkan juga dalam proses bermain. Sama halnya dengan memainkan komputer, bukan hanya sekedar pengetahuan bagaimana memainkan computer yang di ajarkan tapi dengan bersamaan juga bisa mngembangkan motorik anak, misalnya merangsang motoric tangan anak dan menyeimbangkan koordinasi mata anak. Selain itu, juga bisa merangsang kecerdasan anak melalui permainan komputer. Gardner menciptakan teori “multiple Intelligence” yaitu kescerdasan linguistik, kecerdasan logika matematika, kecerdasan pasial, kecerdasan bermusik, kecerdasan bodi kinestetik,kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan naturalis, kecerdasan eksitensi dan kecerdasan moral yang bisa kita kembangkan melalui permainan komputer.
Dalam dunia pendidikan, khususnya untuk anak usia dini, komputer sangat membantu sebagai media pembelajaran, alat uji dan alat peraga dalam proses belajar mengajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Namun dalam penggunaan Komputer di PAUD tetap memerlukan peran pengajar / guru agar anak dapat berinteraksi dengan komputer sesuai dengan kebutuhannya.
Interaksi antara anak dengan komputer cenderung lebih cepat dan lebih objektif hal ini dikarenakan komputer memiliki sifat yang menarik perhatian anak.
Komputer dijaman modern mengarah ke sebuah rangkaian alat elektronik yang mampu melakukan banyak tugas dan memiliki banyak fungsi. Definisi Komputer dapat di terjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang satu sama lain saling bekerja sama terkoordinasi dibawah kontrol program dengan kemampuan dapat menerima data (input) lalu mengolah data (proses) tersebut dengan menghasilkan informasi (output).
Bemain adalah suatu aktivitas dan kualitas pikiran dalam melibatkan suatu pandangan dunia seseorang. Bermain mengacu kepada berbagai kegiatan sukarela, termotivasi intrinsik yang biasanya terkait dengan kesenangan dan kenikmatan. Disimpulkan bahwa bermain komputer bagi anak usia dini adalah suatu kegiatan bermain yang bersifat interaktif dan menyenangkan bagi anak
Saat ini belajar komputer bagi anak menjadi suatu kewajiban. Tentu saja ini kurang tepat, karena belajar komputer seharusnya dilakukan tanpa paksaan agar menjadi pengalaman menyenangkan bagi anak. Namun yang jelas, bisa mengoperasikan komputer telah menjadi realitas penting yang tak bisa dibantah.
Keuntungan belajar komputer sejak dini bagi anak diantaranya:
1.      Meningkatkan perkembangan kepribadian. Program komputer memungkinkan anak melakukan kesalahan, memperbaiki, dan mencoba lagi tanpa takut dimarahi. Anak jadi terbiasa berani mengambil risiko, memiliki sifat yang lebih independen, dan lebih percaya diri.
2.      Meningkatkan keterampilan belajar. Penelitian menunjukkan, anak yang menggunakan komputer memiliki performa akademis lebih baik.
3.      Menstimulasi kreativitas dan imajinasi. Pemrograman komputer, walau sederhana akan terasa menantang bagi anak. Anak belajar mengidentifikasi masalah, menganalisa pilihan, dan memilih solusi terbaik. Batasan anak dalam membuat program hanyalah imajinasinya sendiri.

1.    Tujuan Permainan Komputer bagi Anak Usia Dini
Menurut Isenberg dan Jacobe dalam Suratno (2005), alat permainan yang optimal adalah alat permainan yang mampu merangsang dan menarik minat anak, sekaligus mampu mengembangkan berbagai jenis kemampuan anak dan tidak membatasi hanya pada satu aktivitas tertentu saja atau yang disebut sebagai "open-ended plaything".
Permainan bertujuan pada dasar nya untuk menstimulasi aspek aspek dari perkembangan anak dimulai dari kecerdasan anak (kognitif), afektif psikomotor, agama, sosial-emosional, bahasa dan seni. namun secara khusus game ini bertujuan untuk mengenalkan anak pada komputer, Game dapat melatih anak menggunakan komputer, dan supaya lincah memegang mouse.dan juga dapat melatih koordinasi antara mata dan tangan sehingga adanya integrasi antara tangan dan mata sehingga perkembangan anak dapat berjalan dengan optimal.
Progam simulasi atau  software yang baik untuk pendidikan anak ialah disesuaikan dengan usia. Para Guru/Orangtua harus memahami perkembangan pemahaman anak, Untuk anak usia 0-2 tahun anak mendapat pemahaman dari panca indra dan bahasa isyarat, Mulai Usia 3 tahun, anak mulai menggunakan bahasa dan lambang/simbol tertentu bahkan sudah mulai bisa memahami logika.
Keunggulan komputer untuk anak-anak ialah pada program/software “edutainment” gabungan education (pendidikan) dan Entertainment (hiburan). Karena masa kanak kanak ialah masa penuh keceriaan/ hiburan & Program “edugame” gabungan education (pendidikan) dan game (permainan).

2.    Manfaat Bermain Komputer
a.    Melatih logika. Saat bermain game, anak-anak harus menggunakan berbagai strategi untuk memenangkan permainan. hal ini dapat melatih penggunaan logika, menganalisa, dan memecahkan masalah yang sedang dihadapi
b.    Melatih kemampuan spasial. Melalui game permainan, kemampuan spasial anak yang berhubungan dengan kecerdasan gambar dan bervisualisasi akan terasah. Kemampuan ini akan berpengaruh dengan kemampuan berhitung mereka. Selain itu, permainan juga akan membantu penggunaan motorik halus anak.
c.    Kemampuan membaca. Bagi anak yang belum lancar membaca, game konsol bisa jadi alat yang tepat untuk membantu belajar membaca. Seperti di ketahui ada beberapa game ada yang bersifat edukasi dan bisa membantu anak untuk belajar dengan cara yang lebih asyik. Selain itu, saat bermain anak juga diharuskan membaca setiap perintah yang diberikan oleh tokoh game dan narator game. Maka, secara tak langsung anak bisa belajar membaca dan mengeja secara signifikan.
d.   Stimulasi otak. Dalam game permainan ada yang bisa membuat permainan sendiri sesuai dengan yang diinginkannya. Hal tersebut bisa membantu stimulasi otak dan proses berpikir untuk menciptakan skenario yang panjang dan rumit sebagai bagian dari pengembangan kreativitas mereka
e.    Mengembangkan imajinasi. Permainan bisa membantu anak untuk mengembangkan imajinasi mereka. Anak bisa menggunakan imajinasi ini untuk menyeimbangkan berbagai kejadian dalam film dan diaplikasikan dalam dunia nyata (yang relevan dan postif)
f.     Penggunaan bahasa Inggris. Salah satu game anak yang disukai adalah konsol dan game online. game ini banyak dibuat oleh perusahaan luar negeri yang mempergunakan bahasa Inggris.

3.    Metode Pengajaran Komputer
Metode atau cara mendidik anak pada usia dini, tentu sangatlah berbeda dengan metode atau cara mendidik anak pada masa remaja atau masa setelahnya. Untuk mendidik anak pada usia dini, kita harus menyajikan materi yang akan kita ajarkan dengan desain yang sangat menyenangkan, salah satunya dengan komputer.
Dengan komputer, proses belajar anak akan terasa sangat menyenangkan. Hal itu tidak bisa dipungkiri lagi, dengan komputer kita bisa memasukkan program-program edukasi yang cocok untuk pendidikan anak pada usia dini. Dengan komputer pula, kita sebagai pendidik akan merasa sangat terbantu dengan penyampaian yang disajikan oleh komputer tanpa meragukan hasil yang kurang optimal. Adanya tampilan gambar warna-warni yang dapat bergerak serta didukung dengan suara atau nyanyian yang riang gembira dapat merangsang anak untuk lebih betah bermain sambil belajar. Karena hanya metode bermain sambil belajarlah yang cocok diberikan kepada anak usia dini.

4.    Contoh Software Permainan untuk Anak Usia Dini
a.    Cerdas
Program Pembelajaran Anak CERDAS (cermat, rajin, & asik) adalah salah satu program buatan lokal yang cukup komplit untuk edukasi anak usia dini. Program yang di buat menggunakan Macromedia Director ini meliputi pembelajaran Membaca, Menggambar, Mengitung dan Game Cerdas. Berikut adalah tampilan awal program pembelajaran anak cerdas :
Isi dari program ini antara lain :
1)   Mengenal huruf A – Z , huruf kapital & kecil, beserta video cara penulisan
2)   Mengenal Angka 1 – 20
3)   Mengenal Nama hewan & benda sekitar
4)   Mengenal Suara hewan sekitar
5)   Menggambar unik
6)   Belajar menghitung gambar
7)   Kuis berhitung & Kuis menebak suara hewan
8)   Game Puzzle
b.    Childsplay
Childsplay adalah kumpulan aktivitas pendidikan untuk anak-anak dan berjalan pada Windows, OSX, dan Linux. Childsplay dapat digunakan di rumah, taman kanak-kanak dan pra-sekolah.Childsplay menyenangkan dan menyediakan cara untuk membiarkan anak-anak menggunakan komputer dan pada saat yang sama mengajari mereka sedikit matematika, huruf dari Abjad, ejaan, koordinasi mata-tangan dll. Childsplay adalah bagian dari proyek schoolsplay.org.
Permainan chidsplaay terdiri dari berbagai pilihan permainan yang dirancang untuk anak usia dini.
1)   Mengenal suara binatang
2)   Menyusun puzzle sederhana
3)   Bermain bilyard sederhana
4)   Mengenal angka dan operasi dalam matematika
5)   Mengelompokan suara yang sama
c.    Fitur Permainan Komputer Drawing For Children
Karena dikhususkan untuk anak-anak, program ini tidak perlu membaca panduannya untuk memainkan atau mempelajarinya. Anak-anak cukup diberikan contoh bagaimana memilih menu dan menarik gambar masuk ke area gambar dalam software ini yang telah disediakan.
Cara terbaik untuk membuat anak atau murid cepat menguasaia software ini adalah dengan mencoba menggunakan semua tombol yang ada di dalamnya. Dengan tombol yang simple sesuai dengan gambar yang ada di tombol tersebut benar-benar membuat sangat mudah di mainkan.
Fitur permainan komputer drawing for children memuat tombol yang sangat umum biasa anak-anak lihat, seperti menggambar garis, lingkaran, kotak, persegi panjang dan lain sebagainya. Selain itu terdapat juga gambar jalan raya, jalan kereta api, lampu lalu lintas, rumput, balon dan masih banyak lagi yang dapat ditemukan dalam program ini. 
Ada banyak pilihan menggambar menggunakan pena berbeda dan banyak jenisnya, perangko, cliparts, latar belakang, dan efek khusus. Program komputer ini memiliki fitur sangat lengkap untuk anak-anak.
Selain itu anak atau murid Anda akan di manjakan dengan cara kerja permainan ini dengan sistem drag and drop atau lebih kita kenal dengan cara klik kiri untuk memilih tombol yang di inginkan dan menggesernya diarea gambar, seketika gambar sudah tersedia dan mirip dengan bentuk yang kita pilih.

5.    Permainan Komputer Edukatif
a.    Memory Games
Permainan ini, beberapa bentuk geometris akan muncul di depan anak. Setelah ini, akan ditampilkan figruyang terdiri dari paparan geometris. Para anak akan diberikan empat pilihan dan bertanya mana figure yang geometris dalam gambar yangditampilkan dan tidak ditampilkan kepada mereka sebelumnya.
b.    Puzzle Games
Permainan puzzle juga bisa menjadi pilihan yang baik bagi anak. Dalam permainan ini, para anak diharapkan untuk menemukan nomor yang hilang dengan menemukan beberapa hubungan antara angka-angka yang diberikan. Permainan ini akan menguji penalaran dan kemampuan berpikir logis anak.
c.    Dally Dinosaur Teaches Numbers
Permainan ini sangat ideal untuk anak-anak kecil yang perlu belajar keterampilan menghitung. Permainan ini melibatkan mencari pencocokan nomor dan benda-benda menghitung dalam sebuah adengan tertentu. Game ini, yang dimainkan dengan figure drag dan drop sangat mudah dan membantu anak-anak yang suka menghitung angka.
d.   Curious George Preschool Learning Games
Ini adalah permainan anak-anak untuk mengembangkan, mendengarkan serta keterampilan berpikir kritis. Permainan bertujuan untuk mengembangkan afinitas dengan huruf dan pola berbagai bentuk untuk anak-anak. Hal ini secara luas digambarkan sebagai salah satu permainan computer  edukatif yang terkait untuk anak-anak.



Daftar Pustaka

Aisyah, Siti, dkk. 2007. Perkembangan dan Konsep dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo.
Miarso, Yusuf  Hadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Pustekom.
Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : Alfabeta.
Patmonodewo, Soemarti. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Semiawan, Conny. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah Dan Sekolah Dasar. Jakarta : Indeks.


2 komentar:

  1. Toko Mesin Murah · Jual Mesin · Susu Listrik · Portal Belanja Mesin Makanan, Pertanian, Peternakan & UKM · CP 0852-576-888-55 / 0856-0828-5927

    BalasHapus
  2. Toko Mesin Murah · Jual Mesin · Susu Listrik · Portal Belanja Mesin Makanan, Pertanian, Peternakan & UKM

    BalasHapus