PERMAINAN KOMPUTER EDUKATIF
Dunia anak adalah bermain, karena
bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Bermain juga merupakan
tuntutan dan kebutuhan bagi anak usia Taman Kanak-kanak (TK). Dengan bermain anak
dapat memuaskan tuntutan dan kebutuhan perkembangan anak dalam dimensi motorik
kognitif, kreativitas, bahasa, emosi, nilai sosial dan sikap hidup. Bermain
dapat membawa harapan dan ambisi tentang dunia yang memberikan dan memungkinkan
anak berkhayal seperti sesuatu atau seseorang. Melalui bermain anak akan
belajar mengendalikan diri sendiri, memahami kehidupan, memahami dunianya. Jadi
bermain merupakan cermin perkembangan anak.
Dalam era globalisasi seperti saat
ini, komputer telah menjadi bagian hidup dari masyarakat, tidak hanya orang
dewasa, tetapi juga bagi anak-anak. Sehingga dapat digunakan sebagai media
pembelajaran bagi anak dengan memanfaatkan permainan edukatif yang dapat
diinstal di komputer.
Menurut Isenberg dan Jacobe dalam
Suratno (2005), alat permainan yang optimal adalah alat permainan yang mampu
merangsang dan menarik minat anak, sekaligus mampu mengembangkan berbagai jenis
kemampuan anak dan tidak membatasi hanya pada satu aktivitas tertentu saja atau
yang disebut sebagai "open-ended plaything".
Bermain adalah perangkat untuk
membangun pengetahuan anak. Piaget percaya bahwa bermain memiliki tempat
istimewa dalam kehidupan setiap anak manusia. Seorang anak memperoleh
pengetahuan bukan hanya melalui informasi dari lingkungan atau dengan meniru
kegiatan orang lain, melainkan juga dalam proses bermain. Sama halnya dengan
memainkan komputer, bukan hanya sekedar pengetahuan bagaimana memainkan
computer yang di ajarkan tapi dengan bersamaan juga bisa mngembangkan motorik
anak, misalnya merangsang motoric tangan anak dan menyeimbangkan koordinasi
mata anak. Selain itu, juga bisa merangsang kecerdasan anak melalui permainan
komputer. Gardner menciptakan teori “multiple Intelligence” yaitu kescerdasan
linguistik, kecerdasan logika matematika, kecerdasan pasial, kecerdasan
bermusik, kecerdasan bodi kinestetik,kecerdasan interpersonal, kecerdasan
intrapersonal, kecerdasan naturalis, kecerdasan eksitensi dan kecerdasan moral
yang bisa kita kembangkan melalui permainan komputer.
Dalam dunia
pendidikan, khususnya untuk anak usia dini, komputer sangat membantu sebagai
media pembelajaran, alat uji dan alat peraga dalam proses belajar mengajar di
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Namun dalam penggunaan Komputer di PAUD tetap
memerlukan peran pengajar / guru agar anak dapat berinteraksi dengan komputer
sesuai dengan kebutuhannya.
Interaksi antara
anak dengan komputer cenderung lebih cepat dan lebih objektif hal ini
dikarenakan komputer memiliki sifat yang menarik perhatian anak.
Komputer dijaman modern mengarah ke
sebuah rangkaian alat elektronik yang mampu melakukan banyak tugas dan memiliki
banyak fungsi. Definisi Komputer dapat di terjemahkan sebagai sekumpulan alat
elektronik yang satu sama lain saling bekerja sama terkoordinasi dibawah
kontrol program dengan kemampuan dapat menerima data (input) lalu mengolah data
(proses) tersebut dengan menghasilkan informasi (output).
Bemain adalah suatu aktivitas dan kualitas pikiran dalam melibatkan suatu pandangan dunia seseorang. Bermain mengacu kepada berbagai kegiatan sukarela, termotivasi intrinsik yang biasanya terkait dengan kesenangan dan kenikmatan. Disimpulkan bahwa bermain komputer bagi anak usia dini adalah suatu kegiatan bermain yang bersifat interaktif dan menyenangkan bagi anak
Bemain adalah suatu aktivitas dan kualitas pikiran dalam melibatkan suatu pandangan dunia seseorang. Bermain mengacu kepada berbagai kegiatan sukarela, termotivasi intrinsik yang biasanya terkait dengan kesenangan dan kenikmatan. Disimpulkan bahwa bermain komputer bagi anak usia dini adalah suatu kegiatan bermain yang bersifat interaktif dan menyenangkan bagi anak
Saat ini belajar komputer bagi anak
menjadi suatu kewajiban. Tentu saja ini kurang tepat, karena belajar komputer
seharusnya dilakukan tanpa paksaan agar menjadi pengalaman menyenangkan bagi
anak. Namun yang jelas, bisa mengoperasikan komputer telah menjadi realitas
penting yang tak bisa dibantah.
Keuntungan belajar komputer sejak dini bagi anak
diantaranya:
1. Meningkatkan
perkembangan kepribadian. Program komputer memungkinkan anak melakukan
kesalahan, memperbaiki, dan mencoba lagi tanpa takut dimarahi. Anak jadi
terbiasa berani mengambil risiko, memiliki sifat yang lebih independen, dan
lebih percaya diri.
2. Meningkatkan
keterampilan belajar. Penelitian menunjukkan, anak yang menggunakan komputer
memiliki performa akademis lebih baik.
3. Menstimulasi
kreativitas dan imajinasi. Pemrograman komputer, walau sederhana akan terasa
menantang bagi anak. Anak belajar mengidentifikasi masalah, menganalisa
pilihan, dan memilih solusi terbaik. Batasan anak dalam membuat program
hanyalah imajinasinya sendiri.
1.
Tujuan
Permainan Komputer bagi Anak Usia Dini
Menurut Isenberg dan Jacobe dalam
Suratno (2005), alat permainan yang optimal adalah alat permainan yang mampu
merangsang dan menarik minat anak, sekaligus mampu mengembangkan berbagai jenis
kemampuan anak dan tidak membatasi hanya pada satu aktivitas tertentu saja atau
yang disebut sebagai "open-ended plaything".
Permainan bertujuan pada dasar nya
untuk menstimulasi aspek aspek dari perkembangan anak dimulai dari kecerdasan
anak (kognitif), afektif psikomotor, agama, sosial-emosional, bahasa dan seni.
namun secara khusus game ini bertujuan untuk mengenalkan anak pada komputer,
Game dapat melatih anak menggunakan komputer, dan supaya lincah memegang
mouse.dan juga dapat melatih koordinasi antara mata dan tangan sehingga adanya
integrasi antara tangan dan mata sehingga perkembangan anak dapat berjalan
dengan optimal.
Progam simulasi
atau software yang baik untuk pendidikan anak ialah disesuaikan
dengan usia. Para Guru/Orangtua harus memahami perkembangan pemahaman
anak, Untuk anak usia 0-2 tahun anak mendapat pemahaman dari panca indra
dan bahasa isyarat, Mulai Usia 3 tahun, anak mulai menggunakan bahasa
dan lambang/simbol tertentu bahkan sudah mulai bisa memahami logika.
Keunggulan komputer
untuk anak-anak ialah pada program/software “edutainment” gabungan education
(pendidikan) dan Entertainment (hiburan). Karena masa kanak kanak ialah
masa penuh keceriaan/ hiburan & Program “edugame” gabungan education
(pendidikan) dan game (permainan).
2. Manfaat Bermain Komputer
a. Melatih
logika. Saat bermain game, anak-anak harus menggunakan berbagai strategi untuk
memenangkan permainan. hal ini dapat melatih penggunaan logika, menganalisa,
dan memecahkan masalah yang sedang dihadapi
b. Melatih
kemampuan spasial. Melalui game permainan, kemampuan spasial anak yang berhubungan
dengan kecerdasan gambar dan bervisualisasi akan terasah. Kemampuan ini akan
berpengaruh dengan kemampuan berhitung mereka. Selain itu, permainan juga akan
membantu penggunaan motorik halus anak.
c. Kemampuan
membaca. Bagi anak yang belum lancar membaca, game konsol bisa jadi alat yang
tepat untuk membantu belajar membaca. Seperti di ketahui ada beberapa game ada
yang bersifat edukasi dan bisa membantu anak untuk belajar dengan cara yang
lebih asyik. Selain itu, saat bermain anak juga diharuskan membaca setiap
perintah yang diberikan oleh tokoh game dan narator game. Maka, secara tak
langsung anak bisa belajar membaca dan mengeja secara signifikan.
d. Stimulasi
otak. Dalam game permainan ada yang bisa membuat permainan sendiri sesuai
dengan yang diinginkannya. Hal tersebut bisa membantu stimulasi otak dan proses
berpikir untuk menciptakan skenario yang panjang dan rumit sebagai bagian dari
pengembangan kreativitas mereka
e. Mengembangkan
imajinasi. Permainan bisa membantu anak untuk mengembangkan imajinasi mereka.
Anak bisa menggunakan imajinasi ini untuk menyeimbangkan berbagai kejadian
dalam film dan diaplikasikan dalam dunia nyata (yang relevan dan postif)
f. Penggunaan
bahasa Inggris. Salah satu game anak yang disukai adalah konsol dan game
online. game ini banyak dibuat oleh perusahaan luar negeri yang mempergunakan
bahasa Inggris.
3.
Metode
Pengajaran Komputer
Metode atau cara mendidik anak pada
usia dini, tentu sangatlah berbeda dengan metode atau cara mendidik anak pada
masa remaja atau masa setelahnya. Untuk mendidik anak pada usia dini, kita
harus menyajikan materi yang akan kita ajarkan dengan desain yang sangat
menyenangkan, salah satunya dengan komputer.
Dengan komputer, proses belajar anak
akan terasa sangat menyenangkan. Hal itu tidak bisa dipungkiri lagi, dengan
komputer kita bisa memasukkan program-program edukasi yang cocok untuk
pendidikan anak pada usia dini. Dengan komputer pula, kita sebagai pendidik
akan merasa sangat terbantu dengan penyampaian yang disajikan oleh komputer
tanpa meragukan hasil yang kurang optimal. Adanya tampilan gambar warna-warni
yang dapat bergerak serta didukung dengan suara atau nyanyian yang riang
gembira dapat merangsang anak untuk lebih betah bermain sambil belajar. Karena
hanya metode bermain sambil belajarlah yang cocok diberikan kepada anak usia
dini.
4.
Contoh Software Permainan untuk Anak Usia Dini
a. Cerdas
Program
Pembelajaran Anak CERDAS (cermat, rajin, & asik) adalah salah satu program
buatan lokal yang cukup komplit untuk edukasi anak usia dini. Program yang di
buat menggunakan Macromedia Director ini meliputi pembelajaran Membaca,
Menggambar, Mengitung dan Game Cerdas. Berikut adalah tampilan awal program
pembelajaran anak cerdas :
Isi dari program
ini antara lain :
1)
Mengenal huruf A – Z , huruf kapital
& kecil, beserta video cara penulisan
2)
Mengenal Angka 1 – 20
3)
Mengenal Nama hewan & benda
sekitar
4)
Mengenal Suara hewan sekitar
5)
Menggambar unik
6)
Belajar menghitung gambar
7)
Kuis berhitung & Kuis menebak
suara hewan
8)
Game Puzzle
b. Childsplay
Childsplay adalah kumpulan aktivitas
pendidikan untuk anak-anak dan berjalan pada Windows, OSX, dan Linux.
Childsplay dapat digunakan di rumah, taman kanak-kanak dan
pra-sekolah.Childsplay menyenangkan dan menyediakan cara untuk membiarkan
anak-anak menggunakan komputer dan pada saat yang sama mengajari mereka sedikit
matematika, huruf dari Abjad, ejaan, koordinasi mata-tangan dll. Childsplay
adalah bagian dari proyek schoolsplay.org.
Permainan chidsplaay terdiri dari
berbagai pilihan permainan yang dirancang untuk anak usia dini.
1) Mengenal
suara binatang
2) Menyusun
puzzle sederhana
3) Bermain
bilyard sederhana
4) Mengenal
angka dan operasi dalam matematika
5) Mengelompokan
suara yang sama
c. Fitur
Permainan Komputer Drawing For Children
Karena dikhususkan untuk anak-anak, program ini tidak
perlu membaca panduannya untuk memainkan atau mempelajarinya. Anak-anak cukup
diberikan contoh bagaimana memilih menu dan menarik gambar masuk ke area gambar
dalam software ini yang telah disediakan.
Cara terbaik untuk membuat anak atau murid cepat
menguasaia software ini adalah dengan mencoba menggunakan semua tombol yang ada
di dalamnya. Dengan tombol yang simple sesuai dengan gambar yang ada di tombol
tersebut benar-benar membuat sangat mudah di mainkan.
Fitur permainan komputer drawing for children memuat
tombol yang sangat umum biasa anak-anak lihat, seperti menggambar garis,
lingkaran, kotak, persegi panjang dan lain sebagainya. Selain itu terdapat juga
gambar jalan raya, jalan kereta api, lampu lalu lintas, rumput, balon dan masih
banyak lagi yang dapat ditemukan dalam program ini.
Ada banyak pilihan menggambar menggunakan pena berbeda
dan banyak jenisnya, perangko, cliparts, latar belakang, dan efek khusus.
Program komputer ini memiliki fitur sangat lengkap untuk anak-anak.
Selain itu anak atau murid Anda akan di manjakan
dengan cara kerja permainan ini dengan sistem drag and drop atau lebih kita
kenal dengan cara klik kiri untuk memilih tombol yang di inginkan dan
menggesernya diarea gambar, seketika gambar sudah tersedia dan mirip dengan
bentuk yang kita pilih.
5.
Permainan
Komputer Edukatif
a. Memory
Games
Permainan ini, beberapa
bentuk geometris akan muncul di depan anak. Setelah ini, akan ditampilkan
figruyang terdiri dari paparan geometris. Para anak akan diberikan empat
pilihan dan bertanya mana figure yang geometris dalam gambar yangditampilkan
dan tidak ditampilkan kepada mereka sebelumnya.
b. Puzzle
Games
Permainan puzzle
juga bisa menjadi pilihan yang baik bagi anak. Dalam permainan ini, para anak
diharapkan untuk menemukan nomor yang hilang dengan menemukan beberapa hubungan
antara angka-angka yang diberikan. Permainan ini akan menguji penalaran dan
kemampuan berpikir logis anak.
c. Dally
Dinosaur Teaches Numbers
Permainan ini
sangat ideal untuk anak-anak kecil yang perlu belajar keterampilan menghitung.
Permainan ini melibatkan mencari pencocokan nomor dan benda-benda menghitung
dalam sebuah adengan tertentu. Game ini, yang dimainkan dengan figure drag dan
drop sangat mudah dan membantu anak-anak yang suka menghitung angka.
d. Curious
George Preschool Learning Games
Ini adalah
permainan anak-anak untuk mengembangkan, mendengarkan serta keterampilan
berpikir kritis. Permainan bertujuan untuk mengembangkan afinitas dengan huruf
dan pola berbagai bentuk untuk anak-anak. Hal ini secara luas digambarkan
sebagai salah satu permainan computer edukatif
yang terkait untuk anak-anak.
Daftar Pustaka
Aisyah, Siti, dkk. 2007. Perkembangan
dan Konsep dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas
Terbuka.
Arsyad,
Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo.
Miarso,
Yusuf Hadi. 2004. Menyemai Benih
Teknologi Pendidikan. Jakarta : Pustekom.
Munir.
2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung :
Alfabeta.
Patmonodewo,
Soemarti. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep
Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Semiawan, Conny. 2008. Belajar dan
Pembelajaran Prasekolah Dan Sekolah Dasar. Jakarta : Indeks.
Toko Mesin Murah · Jual Mesin · Susu Listrik · Portal Belanja Mesin Makanan, Pertanian, Peternakan & UKM · CP 0852-576-888-55 / 0856-0828-5927
BalasHapusToko Mesin Murah · Jual Mesin · Susu Listrik · Portal Belanja Mesin Makanan, Pertanian, Peternakan & UKM
BalasHapus